Fir Tree

Just About Fir Tree

Cemara Norfolk

Cemara Norfolk pertama kali di temukan di Pulau Norfolk, sebuah pulau kecil di Samudera Pasifik, tahun 1774. Seringkali jenis cemara ini disebut ‘bintang pinus’. Pohonnya tumbuh hinggga ketinggian 50 – 65m dan memiliki penampilan yang khas:  banyak cabang simetris  berbentuk seperti jarum tumpul dan membentuk garis segitiga hingga ke atas.
Seiring dengan pertumbuhannya, Norfolk bertambah tinggi, terlihat tidak simetris, dan cabang-cabang di bagian terendahnya akan berwarna cokelat, serta berguguran.
Cemara Norfolk (Araucaria heterophylla)  termasuk dalam keluarga Araucariaceae, suatu tanaman kuno yang memiliki 3 genus utama (Agathis, Araucaria, dan Wollemia) yang memiliki 41 spesies. Cemara Norfolk termasuk dalam genus Araucaria.
Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara mencangkok batangnya yang masih muda. Apabila telah keluar akar dari bekas sayatan pada cangkokan, maka batang dapat dipotong, dan kemudian ditanam di tanah.
Jenis cemara ini tumbuh subur pada iklim  dingin dengan kelembaban tinggi serta terkena sinar matahari langsung. Selain sebagai  tanaman hias atau pohon natal, Cemara Norfolk menghasilkan resin yang dapat dipergunakan untuk bahan pembuat produk kosmetika. Kayunya yang sudah tua juga dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar.
Cemara Norfolk seringkali juga digunakan sebagai Pohon Natal hidup dalam ruangan karena memberikan kesan indah. Sejumlah besar Norfolk Island Pines diproduksi di Florida Selatan untuk industri houseplant.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: