Fir Tree

Just About Fir Tree

Pohon Cemara Sebagai Lambang Natal

Pohon natal menjadi lambang perayaan Hari Natal. Dan pohon natal adalah pohon cemara, atau pohon sejenis yang bentuknya mengerucut mengecil ke atas. Mengapa menggunakan pohon cemara ?

Semua berasal dari kebudayaan kuno di Eropa, tepatnya Jerman pada abad ke 16, dimana akhirnya kebudayaan tersebut bergerak pula menyebar ke Amerika dan ke seluruh dunia. Dan mengapa pohon cemara yang kalau ditelusuri tidak ada hubungannya dengan natal itu sendiri? Jawabannya hanya karena pada saat natal tiba, di Eropa yang mengalami musim dingin (salju), hanya pohon cemara yang selalu tampak hijau daunnya. Sedangkan pohon-pohon lainnya rontok berguguran. Jadi, pohon cemara itu melambangkan evergreen, hidup kekal. Dimana makna simbolisnya adalah agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain.

Lantas adakah hubungan pohon cemara dengan Hari Natal atau hari kelahiran Yesus? Tidak ada sama sekali. Pohon cemara bukan mengidentikan dengan kelahiran Yesus, tetapi mengidentikan dengan perayaan musim, perayaan keluarga. Dan dalam aturan gerejapun, tidak ada keharusan untuk memasang pohon natal baik di gereja ataupun di rumah.

Mengapa pohon natal dihias secara gemerlap? Ini sebetulnya mengadaptasi kisah Martin Luther yang terkesan menyaksikan keindahan bintang-bintang di langit yang gemerlap sinarnya menembus dahan-dahan pohon, saat dia berjalan di hutan cemara. Dia kemudian menebang sebatang pohon cemara dan membawanya pulang kerumah. Dan untuk membuat efek gemerlapan, dia memasang lilin – lilin di tiap cabangnya. Maka dari sana lahirlah tradisi yang menjadi awal industri natal.

2 Comments

  1. info yang menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: