Fir Tree

Just About Fir Tree

Siklus Hidup Pohon Cemara

Pohon cemara adalah tumbuhan berbiji terbuka (gymnosperma). Biji pohon cemara tidak tertutup oleh daging buah, seperti jeruk atau apel. Biji pohon hanya menempel pada runjung cemara. Kebanyakan pohon cemara merupakan tumbuhan monoecious. Artinya, organ seksual jantan dan betina berada di satu individu yang sama. Dengan demikian proses penyerbukan pohon satu pohon yang sama bisa saja terjadi.

Organ seksual pohon cemara terdapat pada runjung cemara. Pada runjung jantan terdapat serbuk sari, dan biasanya ukurannya lebih kecil dari runjung betina. Runjung jantan biasanya hanya hidup beberapa minggu. Sementara itu, pada runjung betina terdapat sel telur yang memungkinkan terjadinya proses pembuahan. Runjung betina umurnya bisa mencapai tahunan.

Proses penyerbukan dan pembuahan pohon cemara, sama seperti tumbuhan berbunga pada umumnya. Ketika serbuk sari yang berasal dari runjung jantan, terbawa dan menempel di sisik runjung betina (megasporophyll), inilah saat terjadinya proses penyerbukan.

Saat serbuk-serbuk sari menempel di megasporophyll, mereka membentuk tabung yang tumbuh ke dalam struktur runjung betina. Sperma akan masuk ke dalam sel telur betina. Meskipun terdengar sederhana, namun sebenarnya proses pembuahan tersebut bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Agar serbuk sari dari runjung jantan bisa sampai ke runjung betina, biasanya serbuk sari tersebut terbang karena angin atau menempel pada hewan. Proses penyerbukan pohon cemara tidak dibantu serangga seperti kupu-kupu atau lebah, karena mereka tak tertarik pada runjung cemara.

Biasanya, runjung jantan tumbuh lebih tinggi daripada yang betina. Hal ini tentu memudahkan proses penyerbukan dan pembuahan. Saat buah cemara betina yang sudah dibuahi itu jatuh ke tanah, maka ada kemungkinan buah cemara tersebut tumbuh menjadi pohon yang baru.

Sumber : http://www.anneahira.com/pohon-cemara.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: