Fir Tree

Just About Fir Tree

Ciri Fisik Pohon Cemara

Pohon cemara adalah jenis pohon evergreen. Artinya, daun-daunnya jarang mengering dan berubah warna di musim gugur, ataupun rontok di musim dingin. Warna daun pohon cemara biasanya hijau gelap, tetapi beberapa spesies ada juga yang berwarna hijau terang. Daun yang berbentuk jarum membuat pohon cemara mampu menahan air lebih baik daripada pohon berdaun lebar lainnya.

Hal ini karena penguapan yang terjadi di daun pohon cemara jauh lebih sedikit. Hal itulah yang membuat pohon cemara mampu bertahan dalam kondisi yang kering dan dingin. Daun jarum pohon cemara biasanya bisa bertahan hingga dua tahun.

Kulit kayu pohon cemara dewasa terbilang tebal, dan warnanya coklat gelap. Biasanya terdapat retakan-retakan di sekujur pohon cemara. Saat masih muda, kulit kayunya halus, warnanya coklat kehijauan dan belum mempunyai retakan. Tebalnya kulit kayu pohon cemara membuatnya bertahan dari kondisi cuaca.

Pohon cemara tidak menghasilkan buah, melainkan pinecone atau runjung cemara. Runjung cemara ini adalah semacam pucuk yang membawa biji. Runjung cemara ini pula yang menjadi organ reproduksi pohon cemara untuk berkembang biak.

Cabang pohon cemara tumbuh rapat dengan cabang lainnya, hingga tampak seperti lingkaran cabang yang tumbuh dari titik yang sama. Namun, sebenarnya pola cabang-cabang tersebut berbentuk spiral. Semakin ke atas, cabangnya tumbuh makin pendek. Inilah yang membuat pohon cemara tampak seperti kerucut atau piramida.

Sumber : http://www.anneahira.com/pohon-cemara.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: